Rabu, 24 Desember 2014

Menstruasi dan keputihan

Menstruasi dan Keputihan

Mentrausi atau lebih dikenal oleh kita dengan nama haid atau bisa juga datang bulan. Adalah suatu keadaan perubahan hormonal pada tubuh. Biasanya yang mengalami adalah wanita yang sudah baligh sampai wanita yang mengalami menupause. Pada keadan menstruasi sering wanita juga mengalami keputihan

Keputihan yang terjadi biasanya sebelum dan sesudah menstruasi. Hal ini adalah normal karena cairan keputihan keluar untuk membersihkan darah sisa menstruasi. Bila anda mengalaminya maka jangan takut atau khawatir.

Siklus menstruasi pada seorang wanita rata-rata terjadi dalam rentan waktu  28 hari. Hal ini berlaku secara umum. Akan tetapi menstruasi yang dialami olleh wanita tidak selalu sama rentannya. Jangka waktu yang dialami biasanya 298 namun bisa lebih cepat atau lebih lama Bisa 21 hari atau bisa 30 hari.

Menstruasi terjadi selama beberapa hari, terkadang 2 atau bahkan bisa sampai 7 hari. Jangka paling adalah 15 maak bila lebihlama dari itu masih keluar darah maka itu dianggap sebagai penyakit.

Persiapan Menstruasi

Biasanya sebelum menstrausi terjadi wanita akan mempersiapkan pembalut. Ada pembalut tradisional seperti kain dan ada juga pembalut yang sudah bagus atau bisa di bilang modern.

Pembalut berfungsi menyerap darah menstruasi. Darah yang diserap akan ditampung pada kadar tertentu dan bila sudah melebihi batas maka segera diganti. Bila tidak diganti akan menimbulkan jamur penyebab keputihan.

Pembalut modern yang memakai pemutih bisa juga menjadi penyebab keputihan maka harus hati-hati. Zat pemutih pada pembalut bisa menimbulkan iritasi. Sehingga dalam pemakaian pembalut carilah pembalut yang jelas aman dan nyaman. Untuk mencegah infeksi pada vagina sebaiknya anda ganti pembalut anda setiap 2 hari sekali.

Untuk memilih pembalut yang bagus pilihlah pembalut yang paling tebal bila keadaan menstruasi banyak darah yang keluar. Namun bila darahnya sedikit maka pilih yang tipis juga tidak apa.

Dalam keadaan menstruasi sering wanita mengalami gatal. Anda jangan diam saja. Bila hal ini terjadi maka itu adalah pertanda sedang terjadi keputihan. Biasanya gatal ditimbulkan oleh iritasi jamur. Dalam keadaan seperti ini anda harus mencari cara untuk mengatasinya.

Terkadang wanita yang menstruasi mengalami beberapa hal yang menggangu selain keputihan. Berikut akan saya jelaskan dibawah ini.

Hal-hal yang tidak enak saat menstruasi  

- Saat datang bulan sering wanita merasa pusing. 
- Keadaan tubuh cepat lelah dan loyo.
- Umumnya wanita merasakan kram pada bagian perut dan bagian bawah vagina.
- Wanita saat menstruasi mudah keluar rasa marah atau emosi.
- Susah tidur karena gelisah.
- Perut agak kembung tapi bukan masuk angin
- Pada bagian payudara ada semacam bengkak.
- Terasa sakit pada bagian pinggang.
- Darah menurn karena anemia.
- Nafsu makan berkurang.

Perlu anda ketahui keadaan seperti ini tidak semua wanita mengalaminya. Berbeda-beda namun ini adalah secara umum saja biasanya seperti ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah anda harus berikan pendidikan tentang menstruasi dan keputihan pada anak anda agar nereka tidak bingung atau minder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar